Kamabigus Gudep MTsN 2 Tegal Pimpin Upacara Pembukaan Perjusa 2018

Tegal (Slawi) - Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) Sambut dan Pindah Pangkalan dari SD/MI ke Gudep 08.107/08.108 MTs Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 resmi dibuka oleh Kamabigus, Muh. Muntoyo pada Jumat siang (20/7), bertempat di lapangan sebelah utara.

Dalam amanatnya pada upacara pembukaan, Kamabigus menyinggung kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik, sesuai dengan Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan.

"Sesuai dengan kurikulum 2013, pramuka itu wajib di MTs maupun di SMP, karena memang ini adalah bentuk pendidikan karakter bagi kalian semua sebagai anggota pramuka."

Selanjutnya Beliau menyebutkan, dengan kegiatan persami, dapat menumbuhkan karater siswa, menjadi jiwa yang disiplin, berani, dan bertanggung jawab.

"Seperti apa yang tadi sudah diikrarkan oleh salah satu teman kalian, Tri Satya dan Dasa Darma. Adik-adik sebagai pramuka wajib pegang teguh 2 hal tersebut.Wajib memahami isi dari Tri Satya dan Dasa Darma yang merupakan ketentuan moral anggota pramuka." tambahnya.

Ditegaskan kembali olehnya, bahwa kegiatan perjusa ini bertujuan untuk membentuk kepribadian, akhlakul karimah, dan pengetahuan siswa agar menjadi lebih tangguh, dan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi serta membentuk jiwa sosial para peserta agar mampu berinteraksi dengan masyarakat.

"Dengan jiwa pramuka, kita tetap mengaplikasikan keimanan kita, Pramuka tidak meninggalkan kewajiban kepada Allah SWT, yaitu sholat 5 waktu dan ibadah-ibadah yang lain. Untuk itu, dengan jiwa pramuka, mudah-mudahan kalian semua hidup berpikiran maju, dan mudah-mudahan kedepan bisa menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia." pungkas Kamabigus.

Sebelumnya, Pembina Pramuka, Bekti Pujiastuti menerangkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, mulai Jumat siang hingga Sabtu siang, 20-21 Juli 2018, bertempat di MTs Negeri 2 Tegal, dengan melibatkan unsur Dewan Penggalang kelas VIII, dan IX, serta beberapa alumni yang dulunya aktif di ekstrakurikuler kepramukaan.

Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam Perjusa kali ini. Beberapa diantaranya adalah kegiatan PBB, penyalaan api unggun, pengajian, jurit malam, dan wide game. (akb)


7 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : BERITA

Kirim Pesan Anda