Persiapan PERJUSA 2018

Tegal (Slawi)-Agenda kegiatan MTs Negeri 2 Tegal pada awal tahun pelajaran berikutnya adalah Perkemahan Jumat Sabtu, atau biasa disingkat PERJUSA.

Dengan mengambil tema "Perjusa Sambut dan Pindah Pangkalan dari SD/MI ke Gudep 08.107/08.108 MTs Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019", kegiatan ini diikuti oleh 429 peserta didik kelas VII, bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan bagi para anggota Pramuka, dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila.

"Kegiatan ini juga merupakan suatu cara memberikan pendidikan watak kepada peserta didik melalui kegiatan kepramukaan." kata Bekti Puji Astuti selaku pembina pramuka ditemui di ruang kerjanya pada Kamis siang (19/7).

Menurutnya, Pendidikan kepramukaan merupakan proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya, meliputi aspek mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik, baik bagi individu maupun sebagai anggota masyarakat maka dibutuhkan suatu Metoda /ketentuan khusus yang kita sebut Metoda Kepramukaan.

"Kegiatan tersebut selain merupakan upaya pembinaan anggota pramuka, juga merupakan program kerja Tahunan yang telah ditetapkan melalui musyawarah Gugus Depan Pramuka MTs Negeri 2 Tegal." tambahnya.

Ia merinci, kegiatan Perjusa akan digelar selama dua hari, mulai Jumat siang hingga Sabtu siang, 20-21 Juli 2018, bertempat di MTs Negeri 2 Tegal, dengan melibatkan unsur Dewan Penggalang kelas VIII, dan IX, serta beberapa alumnus yang dulunya aktif di ekstrakurikuler kepramukaan.

"Artinya, seluruh peserta dan panitia menginap di madrasah, jadi, demi suksesnya kegiatan ini, selain panitia maupun pendamping yang jumlahnya 36 orang, juga kami kerahkan 40 Dewan Penggalang kelas IX, dan 110 calon Dewan Penggalang dari kelas VIII. Juga kami meminta bantuan kepada 10 alumnus yang dulunya cukup aktif di kegiatan kepramukaan gudep MTs Negeri 2 Tegal." pungkas Bekti. (akb)


3 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : BERITA

Kirim Pesan Anda