MTsN 2 Tegal Gelar Halal Bi Halal

Slawi-Pada Sabtu (23/06), Seratusan peserta dari jajaran guru dan pegawai beserta masing-masing keluarga diboyong berbaur menjadi satu pada acara Halal Bi Halal Keluarga Besar MTs Negeri 2 Tegal, bertempat di kediaman Bapak Kepala Madrasah, Bapak Drs. H. Muh. Muntoyo, M.Pd, desa Penusupan kecamatan Pangkah.

Dalam sambutannya, Bapak kepala mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh keluarga besar MTs. Negeri 2 Tegal.

"Mengingat saya masih baru bertugas disini (MTsN 2 Tegal-red), momen ini menjadi perekat silaturahmi diantara kita semua." ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari unsur komite yang diwakili oleh ketua komite Bapak Nadir Sayid, S.Pd.SD. kemudian dilanjutkan dengan acara inti, yakni tausiah berupa hikmah silaturahmi yang diisi oleh ulama setempat, Kiai Zawawi.

Kiai Zawawi mengungkapkan bahwa, Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling cinta-mencintai dan sayang menyayangi di antara mereka bagaikan satu tubuh. Jika sebagian dari tubuh itu mengadu, seluruh tubuh menghendaki pemeliharaan dan pengawasan.

Sehingga bisa dipetik kesimpulan bahwa melalui silaturahmi akan mempererat ukhuwah islamiyah, memperbanyak rezeki, saling mengenal dan memperluas persaudaraan, menambah ilmu dan hikmah hidup, serta menambah empati dan menjauhi sikap egois.

Selanjutnya salah satu hadits Nabi SAW dibacakan oleh Kiai Zawawi. "Ada salah satu Hadist Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Thabrani. Yakni ada tiga hal manakala orang itu mampu atau bisa menjalaninya, Allah akan memasukkannya kedalam sorgaNya. Yang pertama memberi kepada orang yang memusuhimu, kemudian memaafkan orang yang berbuat dzalim kepadamu, dan yang terakhir menghubungi orang yang telah memutuskan tali silaturahmi denganmu" katanya.

Akhir acara ditutup dengan jabat tangan oleh seluruh yang hadir sebagai simbol saling maaf-memaafkan dan mempererat persaudaraan, serta diakhiri dengan ramah tamah berupa makan siang bersama. (akb)


13 Pembaca    |    0 Komentator
Share :
Tag : Halal Bi Halal

Kirim Pesan Anda